Tips Menggunakan Car Seat

24 Mei 2018

Tips Menggunakan Car Seat

 

Hai Moms/Dads.. Adakah yang sudah pernah menggunakan Car Seat? Kalau yang sudah pernah, saya acungi jempol untuk Moms/Dads karena itu berarti Moms/Dads peduli dengan keselamatan berkendara dengan Si Kecil.

 

Untuk yang belum familiar dengan Car Seat ayo simak Tips Menggunakan Car Seat yang berikut ini.

 

Pilih car seat sesuai dengan berat badan dan umur Si Kecil

 carseat infant car seat toddler

Ada beberapa macam car seat yang harus diketahui Moms/Dads. Car seat infant, toddler, combination seat dan booster.

Car seat infant digunakan untuk Si Kecil yang baru lahir sampai 13 kg. Untuk car seat infant ini wajib dipasang menghadap belakang (menghadap sandaran jok mobil). Kenapa? Karena car seat infant ini digunakan oleh Si Kecil yang belum bisa menyangga kepala sendiri atau otot lehernya belum terlalu kuat menahan bila *amit-amit* terjadi benturan. Jadi bila terjadi pengereman mendadak, kepala Si Kecil tidak akan menekuk ke depan yang bisa mengakibatkan cedera leher yang sangat membahayakan.

 Car seat toddler (forward-facing) bisa digunakan mulai Si Kecil 9 kg sampai 18 kg. Penggunaan car seat ini dihadapkan menghadap depan. Car seat ini ditujukan untuk anak yang otot lehernya dianggap sudah cukup kuat, agar tidak terjadi seperti hal yang sebelumnya saya sebutkan.

Adapun car seat newborn to toddler (combination seat) yang memungkinkan untuk digunakan mulai dari lahir sampai berat Si Kecil 18kg. Car seat ini menggabungkan fungsi car seat infant dan toddler, jadi memungkinkan untuk dipasang menghadap belakang ataupun menghadap depan. Biasanya car seat model ini bisa disesuaikan posisi duduknya mulai setengah tidur sampai duduk dan juga dilengkapi dengan bantalan tambahan.

Untuk anak yang lebih besar (15 sampai 36 kg), bisa menggunakan car seat booster. Car seat ini berfungsi sebagai ‘pengganjal’ duduk anak, agar anak bisa menggunakan sabuk pengaman bawaan mobil tanpa menjerat lehernya. Pastikan sabuk pengaman menyilang di dada anak, bukan di leher anak ya Moms/Dads.

 

Pelajari cara memasang car seat dengan benar

 

Pastikan Moms/Dads membaca buku manual cara memasang car seat yang benar. Pastikan car seat terpasang dengan baik dan tidak mudah bergeser.

 

Selalu taruh car seat di bangku belakang

 

Pada mobil yang ada fasilitas air bag pada bangku depan, akan sangat membahayakan Si Kecil bila car seat nya dipasang di jok depan.

 

Car seat setelah mengalami kecelakaan wajib diganti

 

Walaupun car seat terlihat tidak apa-apa, tapi tidak menjamin komponennya tidak rapuh setelah terkena benturan yang hebat.

 

Batasi waktu berkendara

 

Maksudnya, untuk bayi yang otot lehernya belum terlalu kuat untuk menyangga kepala ada baiknya bila menempuh perjalanan panjang disertai dengan istirahat sejenak agar tidak sampai terjadi sesak nafas. Tepikan mobil sebentar sambil Moms/Dads mengistirahatkan Si Adik Bayi.

 

 

Sumber :

http://www.parenting.co.id/balita/panduan-memilih-car-seat-sesuai-usia-anak

https://health.detik.com/ibu-dan-anak/2805275/sejak-kapan-sih-si-kecil-sudah-bisa-menggunakan-car-seat

http://www.parenting.co.id/bayi/batasi-waktu-bayi-di-car-seat

 



Baca juga
  »
27 Agustus 2017
9 Tips Hemat untuk Mommy
Sebagai “menteri keuangan” moms harus cerdas nih mengatur keuangan keluarga agar tidak “kebobolan”. Berikut ini 9 Tips Hemat untuk Mommy versi saya yang mungkin bisa membantu.

  »
11 Oktober 2016
Bisa Kok Hidup Tanpa ART
Hai Moms/Dads.. Kira-kira Moms/Dads yang terbiasa menggunakan jasa ART (Asisten Rumah Tangga) bisa tidak ya kalau hidup tanpa bantuan ART?

  »
4 Juli 2014
Strategi Bangun Percaya Diri Anak
Bagus banget nih tips tuk bikin Si Kecil pede..! Happy reading..

  »
15 Januari 2013
Persiapan Ulang Tahun Anak di Surabaya
Mau bikin acara Ulang Tahun Si Kecil?? Wajib baca ini dulu.. :)

  »
15 Januari 2013
Kids Corner di Surabaya
Bikin acara makin seru..