Lokasi : Surabaya.. pin BB : 5279898F, 7D30813F.. SMS/WA : 082-33011-9292

Bisa Kok Hidup Tanpa ART


11 Oktober 2016

Hai Moms/Dads..

Kira-kira Moms/Dads yang terbiasa menggunakan jasa ART (Asisten Rumah Tangga) bisa tidak ya kalau hidup tanpa bantuan ART?

dishesmultitaskingsweep

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa membantu Moms/Dads untuk survive tanpa bantuan ART.

1. Buat jadwal harian

Dengan adanya jadwal harian, akan mempermudah Moms/Dads untuk mempunyai target apa saja yang harus dilakukan pada hari itu. Tentunya harus disiplin dengan jadwal dibuat, jadi tidak ada lagi ceritanya pekerjaan menumpuk.

2. Buat peraturan yang berlaku di rumah

Contohnya : semua yang habis main wajib membereskan mainannya, jangan lupa mematikan lampu setelah keluar kamar mandi.

Tidak ada salahnya kan membiasakan hidup tertib.. :)

3. Kerahkan anggota keluarga lain

Jangan dikira kalau semua pekerjaan rumah tangga hanya Moms yang wajib melakukan. Guess what? Semua pekerjaan rumah tangga itu kewajiban semua anggota keluarga. Ini saatnya untuk mengerahkan suami dan anak-anak untuk ikut andil. Buktikan kalau keluarga Moms/Dads kompak.. :)

Untuk pembagian tugas misalnya untuk Suami bisa mendapat tugas yang 'agak' berat. Suami bisa diberi tanggung jawab untuk menjaga kebersihan kendaraan (baca : cuci mobil/motor), menjaga kebersihan dan kerapihan garasi dan taman.

Untuk anak-anak bisa diberikan tugas yang lebih mudah, seperti berikut :

Usia 2-3 tahun : anak bisa diminta untuk merapihkan mainan setelah selesai bermain dan menaruh pakaian kotor di tempatnya setelah pulang sekolah.

Usia 4-5 tahun : anak bisa diajarkan untuk menyiram tanaman, memberi makan hewan peliharaan, mengelap meja dengan lap, ataupun mengelap jendela.

Usia 6-8 tahun : anak bisa membantu menjemur pakaian, mencuci piring, membantu persiapan memasak (contoh : ambil bahan masakan di kulkas, mencuci sayur), dan menyapu lantai.

Usia 9 tahun ke atas : anak bisa membantu semua pekerjaan rumah tangga ditambah lagi Si Kakak sudah bisa menjadi 'pengawas' adik-adiknya.

Moms/Dads jangan takut untuk membagi tugas untuk anak-anak, maksudnya bukan untuk membebani mereka. Tapi tujuannya adalah agar mereka menghargai lingkungan sekitarnya dan nantinya mereka akan terbiasa mandiri, tidak lagi tergantung dengan ART.

4. Gunakan peralatan yang mempermudah Moms/Dads

Di era canggih sekarang ini, banyak sekali alat yang bisa mempermudah pekerjaan Moms/Dads. Anggap saja seperti investasi.. :)

Misalnya dengan menggunakan mesin cuci yang bisa langsung lanjut mengeringkan pakaian tanpa harus memindahkan dulu pakaian ke mesin pengering, atau menggunakan mesin cuci piring jadi Si Kecil bisa membantu mengeluarkan alat makan yang telah selesai di cuci.

Kalau Moms/Dads mau pergi jalan-jalan berdua Si Kecil tapi tanpa mengajak ART/baby sitter akan terasa ribet, bisa juga menggunakan car seat dan stroller yang membantu membuat Si Kecil duduk manis.

5. Jangan lupa untuk menjadwalkan "me time"

Walaupun hidup tanpa ART jangan lupa ya untuk menyediakan waktu untuk "ME TIME". Penting sekali untuk menghindarkan Moms/Dads dari stress. Me time bisa diselipkan kok di sela-sela kesibukan, tidak harus selalu menyediakan satu hari khusus. Bisa saja Moms/Dads yang hobi membaca menyempatkan 2 jam untuk duduk santai sambil menikmati baca buku kesukaannya. Atau yang lebih seru lagi ya family time.. :)

Jadi, Moms/Dads pilih yang mana.. Dengan atau tanpa ART..??

Apapun pilihannya, jangan lupa.. ENJOY LIFE..!! :)

Sumber foto :

familysitescatalog.com

intisari-online.com

thehomee.wordpress.com



Baca juga
  » 27 Agustus 2017
9 Tips Hemat untuk Mommy
Sebagai “menteri keuangan” moms harus cerdas nih mengatur keuangan keluarga agar tidak “kebobolan”. Berikut ini 9 Tips Hemat untuk Mommy versi saya yang mungkin bisa membantu.

  » 4 Juli 2014
Strategi Bangun Percaya Diri Anak
Bagus banget nih tips tuk bikin Si Kecil pede..! Happy reading..

  » 15 Januari 2013
Persiapan Ulang Tahun Anak di Surabaya
Mau bikin acara Ulang Tahun Si Kecil?? Wajib baca ini dulu.. :)

  » 15 Januari 2013
Kids Corner di Surabaya
Bikin acara makin seru..

  » 14 April 2011
Dari Rahim Mama ke Dunia
Yuk ayuk dibaca biar Moms/Dads gak bingung ketika Si Newborn lahir di dunia..