Lokasi : Surabaya.. pin BB : 5279898F, 7D30813F.. SMS/WA : 082-33011-9292

9 Tips Hemat untuk Mommy


27 Agustus 2017

9 Tips Hemat untuk Mommy

 

Selamat ya untuk semua mommy... :) Kenapa saya memberi selamat?? Karena menurut saya semua mommy itu hebat. Mommy adalah sosok teladan yang super power. Benar-benar wonder woman deh pokoknya. Tidak diragukan lagi semua mommy itu multitasking, multifungsi dan multi talenta. Bagaimana tidak? Peran mommy dalam keluarga bisa sebagai pendidik anak, sebagai koki, sebagai cleaning service, sebagai tukang laundry, sebagai pencari nafkah (tidak semua mommy kalau yang ini), dan peran yang tidak kalah penting adalah sebagai menteri keuangan keluarga. Hai moms, dilarang mengeluh ya... Disyukuri dan dinikmati saja.. :)

Sebagai “menteri keuangan” moms harus cerdas nih mengatur keuangan keluarga agar tidak “kebobolan”. Berikut ini 9 Tips Hemat untuk Mommy versi saya yang mungkin bisa membantu.

 

  1. Jangan remehkan uang koin / receh

menabungMoms yang sering beli-beli pakai uang tunai kan sering tuh dapat uang kembalian yang receh, sampai rumah langsung sisihkan uang receh itu ke tabungan/celengan tersendiri. Jadikan hal itu sebagai kebiasaan. Nanti moms akan merasakan efeknya kalau sudah ngumpul. Lumayan loh bisa buat tambahan liburan keluarga.

 

  1. Smart shopping

Kalau ini sepertinya sudah wajib ya moms. Sebelum berangkat belanja harus bawa daftar belanja yang jadi tujuan awal kita belanja. Jangan sampai yang masuk keranjang belanja melenceng semua dari list yang kita buat. Membeli kebutuhan rumah tangga seperti sabun cuci baju, sabun cuci piring, obat pel dan lainnya yang kemasan besar pasti lebih murah jatuhnya daripada kemasan yang kecil kecil. Tapi dengan catatan, kalau membeli yang besar jangan sampai bikin pemakaian menjadi boros. Usahakan belanja di pasar tradisional. Kenapa? Karena harga jauh lebih murah daripada di supermarket dan tentunya mendukung produk dalam negeri dong.

 

  1. Rajin memasak di rumah

memasakMoms pasti suka nih tips yang satu ini. Banyak banget manfaatnya. Moms jadi makin jago masak, suami dan anak-anak makan makanan yang sehat, dan pastinya jauh lebih hemat daripada beli makanan di luar. Jadi moms, ayo bulatkan tekad untuk rajin memasak di rumah. Let’s cook with love.. :)

 

  1. Hemat listrik

Salah satunya bisa dengan mengganti lampu-lampu di rumah dengan lampu LED yang lebih hemat listrik tapi tetap terang. Minimalisir penggunaan listrik di malam hari (kecuali terpaksa) karena biaya penggunaan listriknya lebih mahal. Biasakan matikan lampu yang tidak terpakai dan cabut colokan listrik barang-barang elektronik yang tidak rutin dipakai. Pasang timer di pendingin ruangan (AC) sesuai dengan jadwal tidur malam saja.

 

  1. Masker alami agar tetap cantik

masker alamiPerawatan gak selamanya mahal kok moms. Gunakan teknologi untuk hal yang berguna, bisa cek deh lewat mbah google, cari sumber yang terpercaya, baca manfaat buah-buahan untuk kulit kita biar awet cantik. Lanjut deh bikin maskernya.. :)

 

  1. Be creative

Sekali lagi, perkembangan teknologi tidak melulu berdampak buruk. Jaman sekarang cari informasi itu mudah sekali. Coba deh moms baca-baca tentang DIY (do it yourself) yang bisa bantu misi hemat kita dan simpanlah siapa tahu nanti akan kita butuhkan.

Anak-anak merengek minta mainan?? Tidak perlu bingung moms. Tinggal pilih deh mainan DIY yang bisa kita bikin di rumah dari barang-barang bekas. Moms hemat, anak makin kreatif, dan bonding dengan anak pun makin erat. Positif kan??

 

  1. Tidak memakai ART

Saya yakin ada juga moms yang tidak suka rumahnya dimasuki ‘orang asing’ seperti ART (asisten rumah tangga). Selain sekarang mencari ART yang baik, yang jujur, yang rajin, yang tidak suka ngerumpi, yang serba bisa, yang sayang anak (ups, terlalu muluk ya) makin susah dan gaji yang diminta pun tidak sedikit, ternyata tanpa ART juga banyak positifnya kok. Moms bisa tetap membakar kalori dirumah. Anak-anak jadi terbiasa mandiri dan bertanggung jawab. Selesai bermain, mereka membereskan mainannya. Menumpahkan minuman, otomatis mengelapnya. Bangun tidur, membersihkan tempat tidurnya sendiri. Asik kan??

 

  1. Pilih barang yang kualitas bagus

Jangan mudah tergiur dengan harga murah atau diskon loh moms. Tidak semua barang yang murah itu menguntungkan. Biasanya barang yang diberi potongan harga adalah barang yang ada cacatnya atau barang stok lama atau malah hanya diskon-diskonan. Untuk barang-barang yang penggunaannya lama, pilihlah barang yang kualitasnya baik (walaupun sedikit lebih mahal) tapi ternyata jatuhnya lebih hemat karena bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama.

 

  1. Be Wise

sewa mainan surabayaSebagai ‘menteri keuangan’ di ruman tangga moms dituntut untuk menjadi bijaksana. Pilahlah mana barang yang benar-benar dibutuhkan, mana yang hanya keinginan demi kepuasan batin. Mana yang kebutuhannya harus moms beli, mana yang pengunaannya singkat dan lebih efisien kalau sewa. Seperti kebutuhan bayi dan balita yang sebentar saja penggunaannya, moms bisa menggunakan jasa persewaan perlengkapan anak yang ada di kota moms, seperti www.babyfarrarental.com di Surabaya.

 

Jadi tunggu apalagi moms, ayo kita budayakan hidup hemat yang ternyata banyak manfaatnya ini dari sekarang. Be smart, Moms. :)

 

 

- Yanuta -

 



Baca juga
  » 11 Oktober 2016
Bisa Kok Hidup Tanpa ART
Hai Moms/Dads.. Kira-kira Moms/Dads yang terbiasa menggunakan jasa ART (Asisten Rumah Tangga) bisa tidak ya kalau hidup tanpa bantuan ART?

  » 4 Juli 2014
Strategi Bangun Percaya Diri Anak
Bagus banget nih tips tuk bikin Si Kecil pede..! Happy reading..

  » 15 Januari 2013
Persiapan Ulang Tahun Anak di Surabaya
Mau bikin acara Ulang Tahun Si Kecil?? Wajib baca ini dulu.. :)

  » 15 Januari 2013
Kids Corner di Surabaya
Bikin acara makin seru..

  » 14 April 2011
Dari Rahim Mama ke Dunia
Yuk ayuk dibaca biar Moms/Dads gak bingung ketika Si Newborn lahir di dunia..